BADAN PANGAN NASIONAL
Sinergi Bangun Generasi Muda, Sehat, Cerdas, dan Berkarakter, NFA Dukung Gebyar Sekolah Sehat

Upaya membangun generasi muda khususnya anak usia sekolah yang sehat, kuat, cerdas, dan berkarakter tidak terlepas dari aspek pangan yang dikonsumsi. Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) mendorong hal tersebut melalui berbagai program dan kegiatan yang menyasar anak sekolah. 

“Generasi mendatang harus diisi oleh sumber daya manusia yang berkualitas. Oleh karena itu, anak-anak kita hari ini harus tumbuh dengan baik, salah satu aspek yang mendukung untuk mewujudkan hal itu adalah mereka harus mendapatkan pangan yang beragam, bergizi seimbang, dan aman. Tentunya peran sinergis dari kita semua sangat diperlukan untuk hal itu,” ujar Penasehat Dharma Wanita Persatuan (DWP) NFA Neila Aisha Arief saat menghadiri Gebyar Sekolah Sehat (GSS) yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek pada Selasa (28/5/2024) di SMPN 177 Jakarta. 

Neila mengapresiasi kegiatan Gebyar Sekolah Sehat sebagai sebuah upaya membangun sumber daya manusia yang unggul menyongsong Indonesia Emas 2045. 

“Upaya dan komitmen Kemendikbudristek perlu kita dukung secara maksimal, kolaborasi yang dijalankan melalui ekosistem pendidikan, OASE KIM, Pemerintah Daerah, satuan pendidikan, hingga orang tua murid yang selama ini bersama-sama menggaungkan pentingnya gerakan ini dan harus kita dukung,” ujarnya.

Selain itu, Neila juga menegaskan bahwa Dharma Wanita Persatuan mempunyai peran yang strategis dalam pembentukan dan pengembangan sumber daya manusia, selain mendampingi suami sebagai Aparatur Sipil Negara, anggota Dharma Wanita juga berperan dalam pendidikan dan perkembangan anak.  

Adapun kegiatan Gebyar GSS ini dimeriahkan oleh serangkaian aktivitas yang melibatkan peserta didik dan berfokus pada 5S, yakni Sehat Bergizi, Sehat Fisik, Sehat Imunisasi, Sehat Jiwa dan Sehat Lingkungan. 

“Kemeriahan Gebyar GSS ini merupakan keberhasilan kita dalam mengembangkan Sekolah Sehat dari yang awalnya sebuah kampanye menjadi suatu gerakan yang masif. Dari tahun ke tahun, semakin banyak sekolah, mitra, pemerintah, dan masyarakat yang menyadari bahwa kesehatan adalah kunci utama dalam perwujudan pendidikan yang berkualitas,” ujar Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim. 

Lebih lanjut, Direktur Penganekaragaman Konsumsi Pangan NFA Rinna Syawal mengatakan, NFA selalu berupaya secara intensif untuk sosialisasi dan edukasi pola pangan harapan B2SA kepada seluruh masyarakat, khususnya anak usia sekolah. sudah saatnya kita mengubah konsep makan kita dan anak anak kita dari makan kenyang menjadi makan sehat B2SA yaitu pola keberagaman gizi.

“Dalam kegiatan hari ini, sebagai upaya peningkatan kualitas konsumsi pangan anak sekolah, kami memberikan 500 botol jus buah dan sayur. Ini bentuk edukasi sejak dini kepada adik-adik akan pentingnya konsumsi pangan yang Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) untuk mewujudkan generasi yang sehat, aktif, dan produktif untuk menyongsong Indonesia Emas 2045,’’ ujar Rinna.

Melalui program B2SA Goes to School (BGtS) NFA menggencarkan edukasi, sosialisasi, sekaligus promosi pangan lokal kepada para pelajar sebagai generasi muda penerus bangsa akan pentingnya konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman. 

Selain itu, aspek lain yang juga didorong NFA dalam pembiasan perilaku sehat adalah mengedukasi anak sekolah untuk tidak boros pangan. Direktur Kewaspadaan Pangan NFA Nita Yulianis mengatakan, melalui Gerakan Edukasi dan Pemberian Pangan Bergizi Untuk Siswa (GENIUS) yang memuat komponen edukasi pemenuhan pangan bergizi bagi generasi muda dan internalisasi pemahaman mengenai pentingnya mengubah perilaku boros pangan.

---

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.