BADAN PANGAN NASIONAL
Sinergi Percepatan Pengisian Aplikasi Neraca Pangan 2023

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) bersama seluruh Dinas Urusan Pangan dari 34 provinsi nyatakan sinergi percepatan pengisian aplikasi Neraca Pangan dalam Rapat Koordinasi dan Evaluasi Kegiatan Proyeksi Neraca Pangan di Hotel Aston Priority and Conference Center Jakarta, Senin (20/11/2023).


Direktur Ketersediaan Pangan NFA Budi Waryanto menjelaskan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari proses pengisian aplikasi Neraca Pangan serta akselerasi serapan dana dekonsentrasi oleh Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota sesuai instruksi Kepala NFA Arief Prasetyo Adi. 


“Masing-masing koordinator dari provinsi yang hadir, karena harus ikut andil dalam pengisian data Neraca Pangan maupun untuk hal pencairan dana sebelum 15 Desember 2023,” ujar Budi saat memimpin rapat. 


Hal ini penting dilakukan mengingat Neraca Pangan merupakan salah satu instrumen utama dalam pengambilan kebijakan pangan sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo, sehingga diperlukan data yang akurat dari para petugas untuk dapat menghasilkan proyeksi yang tepat guna mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. 


Lebih lanjut Budi berharap kegiatan ini dapat memacu semangat koordinator dari provinsi sebagai pihak yang melanjutkan rencana dan realisasi dari Pusat menuju ke Daerah yakni kabupaten/kota dalam pengisian aplikasi Neraca Pangan. “Ketahanan pangan nasional dibangun berdasarkan asas kemandirian pangan dan kedaulatan pangan, serta melibatkan partisipasi pemerintah bersama dengan masyarakat, termasuk Pemerintah Daerah,” pungkas Budi.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.