BADAN PANGAN NASIONAL
Sosialisasi Perpres 125/2022, NFA Perkuat Cadangan Pangan Pemerintah Daerah

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) selenggarakan Sosialisasi Perpres 125 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Cadangan Pangan Pemerintah dan Pengelolaan CPPD oleh Perum Bulog kepada seluruh Dinas Pangan Daerah tingkat provinsi dan kabupaten/kota pada Kamis (04/05/2023). 

Direktur Distribusi dan Cadangan Pangan NFA Rachmi Widiriani menjelaskan, sosialisasi ini dilakukan untuk memperkuat posisi Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD) baik yang dikelola melalui melalui BUMN maupun BUMD. 

"Pengelolaan CPP di Pusat melalui skema dynamic stock ini dapat menjadi contoh bagi penyelenggaraan CPPD di Daerah," ujarnya saat membuka sosialisasi secara hybrid di Kota Bekasi. 

Dalam penyelenggaraannya, penyaluran CPPD tidak hanya diperuntukkan pada penanganan bencana alam saja, melainkan juga keperluan lainnya seperti stabilisasi pasokan dan harga pangan. Pengelolaan CPPD melalui BUMN atau BUMD juga dapat disesuaikan dengan karakteristik daerah, termasuk jenis dan jumlahnya. "Kepala NFA Bapak Arief Prasetyo Adi berharap setiap Daerah dapat memiliki cadangan pangannya masing-masing guna menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan di daerahnya," tambah Rachmi. 

Sementara itu Kepala Divisi Perencanaan Operasional dan Pelayanan Publik Perum Bulog Epi Sulandari selaku narasumber memaparkan skema pengelolaan CPPD yang selama ini telah dibangun dengan beberapa Pemerintah Daerah. Penyelenggaraan CPPD melalui kerja sama dengan BUMD juga telah dilakukan oleh beberapa Daerah, salah satunya yaitu Provinsi DKI Jakarta melalui PT Food Station Tjipinang Jaya.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.