BADAN PANGAN NASIONAL
Talkshow Keamanan Pangan Pada WFSD 2024, Sinergi Dalam Mewujudkan Keamanan Pangan Nasional

Talkshow keamanan pangan menjadi salah satu rangkaian acara puncak perayaan Hari Keamanan Pangan Dunia atau World Food Safety Day (WFSD) yang diadakan di Surabaya. Mengambil tema "Antisipatif Kesiapsiagaan dalam Mewujudkan Pangan Segar Aman", acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan dalam menjaga keamanan pangan.

Talkshow keamanan pangan ini terbagi menjadi dua sesi. Sesi pertama dimoderatori oleh Direktur Pengawasan Penerapan Standar Keamanan dan Mutu Pangan Badan Pangan Nasional, Dr. Anas, S.Sos. Narasumber pada sesi ini adalah Deputi Bidang Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan NFA, Dr. Andriko Noto Susanto, S.P. M.P; Deputi Bidang Pengembangan Standar BSN, Hendro Kusumo, S.P; serta Guru Besar IPB University, Prof. Dr. Purwiyatno Hariyadi.

Sesi kedua dimoderatori oleh Direktur Penganekaragaman Konsumsi Pangan, Rinna Syawal, S.P., M.P. Narasumber pada sesi ini adalah Kepala Badan Pengendalian dan Pengawasan Mutu Hasil Kelautan dan Perikanan KKP, Ishartini; Direktur Tindakan Karantina Tumbuhan, Barantin, Abdul Rahman, S.P., M.P; serta Wakil Ketua Umum Aprindo, Fernando Charles Repi. Selain itu, turut hadir sebagai pembahas Dr. Ir. Roy Alexander Sparringa, M. App. Sc (Ketua Umum APKEPI / Pakar Keamanan Pangan).

Dalam talkshow tersebut, para ahli menekankan bahwa kesiapsiagaan keamanan pangan merupakan tanggung jawab bersama. Seluruh stakeholder yang bergerak di bidang pangan perlu berkolaborasi dalam bersiap siaga untuk menghadapi kejadian keamanan pangan yang tidak terduga serta mewujudkan keamanan pangan yang lebih baik.

Untuk menghadapi kejadian keamanan pangan tak terduga, para narasumber juga menekankan pentingnya pembangunan National Food Safety Emergency Response. National Food Safety Emergency Response adalah kerangka kerja untuk menangani risiko keamanan pangan yang terjadi pada saat darurat dengan respon yang cepat dan terkoordinasi. Pendekatan ini mempertimbangkan penilaian risiko, pengambilan keputusan, dan komunikasi dalam kondisi darurat.

Acara ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dan stakeholder tentang pentingnya kesiapsiagaan dan kolaborasi dalam menjaga keamanan pangan. Dengan demikian, diharapkan pangan segar yang aman dapat terwujud di Indonesia.


#BadanPanganNasional #NationalFoodAgency #NFA #WFSD #KeamananPangan

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.