BADAN PANGAN NASIONAL
Terima Audiensi Duta Besar India untuk Asean, NFA Siap Dukung Asean Millet Festival 2023

Badan Pangan Nasional/ National Food Agency (NFA) terus dorong upaya pemantapan penganekaragaman pangan melalui pengembangan pangan berbasis sumber daya dan kearifan lokal. Salah satunya dilakukan melalui kolaborasi dan sinergi dengan Pemerintah India melalui persiapan ASEAN-India Millet Festival tahun 2023. 


Deputi Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan NFA Andriko Noto Susanto pada pertemuan audiensi dengan Kedutaan Besar India untuk ASEAN, di Jakarta (29/05/2023) menekankan upaya pemantapan ketahanan pangan melalui penganekaragaman pangan khususnya dalam pengembangan sorghum menjadi upaya kolaboratif yang strategis. 


“Pemerintah Indonesia sangat fokus terhadap penganekaragaman konsumsi pangan, salah satunya melalui pengembangan sorghum/millet sebagai salah satu pangan alternatif yang bergizi.  Sorghum merupakan komoditas yang fokus dikembangkan saat ini karena tahan terhadap cuaca ekstrim” ungkapnya


Duta Besar India untuk ASEAN, H.E. Mr. Jayant Khobragade menyampaikan bahwa Millet merupakan pangan jenis serealia yang memiliki dua keutamaan yaitu bergizi tinggi dan ramah terhadap lingkungan. 


Menurutnya sejak tahun 2018, di India telah dideklarasikan sebagai tahun perayaan millet, dan pada tahun 2023 ini Badan Pangan Dunia, PBB mendeklarasikan sebagai Hari Millet Internasional. 


Wakil Sekretaris Duta Besar India untuk ASEAN, Mr. Sujit Bharti, turut menjelaskan bahwa dalam upaya memperkenalkan millet ke seluruh masyarakat dunia, khususnya mensosialisasikan ke masyarakat ASEAN termasuk Indonesia, akan dilaksanakan ASEAN-Millet Festival pada tahun 2023. 


“Promosi millet sebagai pangan bergizi dalam upaya mendukung ketahanan pangan ini akan digelar melalui dua kegiatan yang akan dilaksanakan di Jakarta dan India serta akan melibatkan berbagai pihak diantaranya yaitu petani, industri, Kementerian/Lembaga dan perwakilan dari ASEAN dan India,” ungkapnya. 


Ia menyebut bahwa  Asean-Indonesia Millet Festival pertama di Indonesia direncanakan akan digelar pada bulan Angustus 2023. 


Untuk itu, Andriko menyambut baik kolaborasi terkait hal tersebut serta memastikan NFA siap mendukung Asean-Indonesia Millet Festival 2023 sebagai upaya peningkatan pemanfaatan potensi aneka serealia di Indonesia sesuai dengan sumber daya dan kearifan lokal di Indonesia.


Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Direktur Penganekaragaman Konsumsi Pangan, Rinna Syawal, menyambut baik persiapan Festival ASEAN-Millet Festival tersebut. Rapat ini akan ditindaklanjuti dengan pertemuan persiapan teknis ASEAN-Millet Festival mendatang. 



#MakanEnakMakanSehatMakanB2SA

#KenyangGaHarusNasi


#PanganKuatIndonesiaBerdaulat

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.