BADAN PANGAN NASIONAL
Terima Kunjungan Menteri Uruguay, NFA Buka Perluasan Peluang Kerja Sama Bidang Pangan

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) menerima kunjungan delegasi negara sahabat dari Uruguay, yakni Kementerian Peternakan, Pertanian, dan Perikanan. Deputi Kerawanan Pangan dan Gizi NFA Nyoto Suwignyo didampingi Direktur Kewaspadaan Pangan dan Gizi NFA Nita Yulianis menyambut hangat kedatangan Menteri Peternakan, Pertanian, dan Perikanan Uruguay Fernando Mattos di Kantor NFA, Jakarta, Senin (3/6/2024).


Dalam pertemuan tersebut, kedua belah pihak membahas seputar kondisi pangan dan potensi kerja sama kedua negara. Deputi NFA Nyoto menjelaskan tugas dan peran NFA dalam mewujudkan ekosistem pangan nasional di Indonesia.


“Kami sadari bahwa Indonesia itu adalah wilayah kepulauan, sehingga penting sekali kebijakan pangan berkaitan dengan sistem distribusi dan kewajaran harga. Kami juga menitikberatkan pada perbaikan pola konsumsi dan peningkatan gizi masyarakat. Itulah target dari kebijakan pangan yang harus dicapai di tahun 2045, yakni Indonesia Emas 2045. Untuk dukung itu, salah satu program NFA adalah GENIUS atau Gerakan Edukasi dan Pemberian Pangan Bergizi untuk Siswa,” papar Nyoto.


“Dalam kaitannya impor pangan, dalam memenuhi kebutuhan konsumsi nasional memang perlu adanya pengadaan dari luar negeri. Misalnya beras, jagung, kedelai, bawang putih, dan gula konsumsi. Akan tetapi, sebagaimana yang sering dikatakan Bapak Kepala NFA Arief Prasetyo Adi, kita selalu menerapkan importasi yang terukur agar tidak berimbas negatif terhadap kalangan petani,” sambungnya.


Sementara dari pihak Uruguay mengutarakan bahwa Asia merupakan mitra dagang yang penting karena selama ini negaranya mengekspor aneka produk mulai dari kesehatan hewan, sayur, buah citrus (jeruk dan lemon), daging sapi, dan daging domba, termasuk kacang kedelai. Delegasi Uruguay turut menuturkan tertarik berpartisipasi dalam program GENIUS yang NFA jalankan. 


Lebih lanjut, potensi produk impor yang dibutuhkan oleh Uruguay dari Indonesia antara lain kopi, kakao, dan pupuk. Penjajakan ini dilakukan Uruguay dalam rangka menghadapi potensi krisis global dan memperkuat hubungan kerja sama perdagangan pangan antara Indonesia dan Uruguay.



#BadanPanganNasional #NationalFoodAgency #Bapanas #NFA #PanganKuatIndonesiaBerdaulat #KetahananPangan #Uruguay #Kerjasama

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.