BADAN PANGAN NASIONAL
Testing Food di Dapur B2SA Kantor NFA, DWP Dorong Transformasi Dapur B2SA Menjadi Kantin Pegawai

Penasehat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Neila Aisha Arief berkunjung ke Dapur B2SA (Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman) di Kantor NFA, Jakarta pada Jumat (08/12/2023). Sebagaimana diketahui, Dapur B2SA sejak tengah November lalu, diperkenalkan guna dapat menjadi salah satu sarana edukasi, sosialisasi, dan promosi menu-menu B2SA yang bertemakan pangan lokal.


Dalam kunjungannya, Neila melakukan testing food yang kali ini dimasak dan disajikan oleh Dapur Mama Bintang. Ia ingin mendorong adanya transformasi Dapur B2SA ini menjadi sebuah kantin yang dapat diakses pegawai maupun tamu-tamu NFA.


“Kita harap Dapur B2SA ini ke depannya bisa menjadi kantin di Kantor NFA, sehingga para pegawai dan tamu-tamu dapat merasakan menu-menu B2SA yang dihadirkan disini. Ini pun dapat semakin mendukung upaya NFA dalam melakukan edukasi dan promosi pangan lokal ke berbagai kalangan,” ucap Neila.


Dapur B2SA yang terletak di lantai 2 Kantor NFA telah ada dengan interior yang apik dan cozy. Kitchen set yang dilengkapi peralatan memasak berada di beranda luar, sehingga pengunjung dapat menyaksikan live cooking oleh para pelaku UMKM kuliner yang dihadirkan.


B2SA yang merupakan salah satu strategi NFA dalam mendukung upaya diversifikasi pangan, merupakan arahan Presiden Joko Widodo yang meminta adanya variasi pangan sebagai konsumsi masyarakat. Dengan banyaknya pilihan pangan bagi masyarakat, ketergantungan konsumsi pada beras lambat laun diharapkan akan berkurang.


Untuk diketahui, Indonesia memiliki 77 jenis tanaman pangan sumber karbohidrat, 75 jenis sumber minyak atau lemak, 26 jenis kacang-kacangan, 389 jenis buah-buahan, 228 jenis sayuran, serta 110 jenis rempah dan bumbu. Untuk itu, pemerintah bersama segenap elemen yang terkait akan terus menggencarkan sosialisasi, edukasi, dan promosi mengenai implementasi konsumsi pangan nonberas yang sesuai dengan pola B2SA.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.