BADAN PANGAN NASIONAL
Tidak Hanya Sosialisasi dan Edukasi, NFA Tangani Stunting Melalui Intervensi Rumah Pangan B2SA

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) terus melakukan upaya tidak hanya sosialisasi dan edukasi dalam percepatan penanganan stunting, namun demikian NFA melalui Direktorat Penganekaragaman Konsumsi Pangan turut mengintervensi melalui program Rumah Pangan B2SA (Beragam Bergizi Seimbang dan Aman). 

Bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bangka Belitung dan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Desa Tanjung Gunung, NFA lakukan pemantauan dan peninjauan program Rumah Pangan B2SA pada Rabu, (29/05/2024) di Desa Tanjung Gunung, Kecamatan Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung.

Rinna Syawal, Direktur Penganekaragaman Konsumsi Pangan NFA dalam sambutannya menjelaskan intervensi stunting melalui program Rumah Pangan B2SA ini merupakan penanganan yang dilakukan NFA dalam rangka intervensi dan penurunan stunting lintas lembaga baik pusat maupun daerah.

"Untuk melaksanakan kegiatan yang sangat penting ini tentu diperlukan dukungan dari semua pihak khususnya pemerintah daerah provinsi, kabupaten/kota sampai Tingkat desa mulai dari persiapan, pelaksanaan sampai pemantauannya. Konvergensi antara semua pihak sangat diperlukan dalam pelaksanaan di lapangan," ujar Rinna.

Rinna menambahkan, intervensi Rumah Pangan B2SA yang dilakukan NFA ini di antaranya melalui pemberian makanan B2SA sebanyak 40-50 kali kepada penerima manfaat, pengukuran tinggi badan dan penimbangan berat badan atau pemeriksaan antropometri secara berkala.

Kegiatan monitoring tersebut bertepatan dengan pelaksanaan jadwal pemberian makanan hari pertama di Rumah Pangan B2SA dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 40 anak penerima manfaat yang terdiri atas 29 anak tergolong stunting dan 11 anak mengalami gizi kurang di Desa Tanjung Gunung.

Turut hadir pada kesempatan tersebut diantaranya Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Edi Romdhoni; Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sulastri; Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Bangka Tengah, Ali Imron; Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Bangka Tengah, Dian Akbarini; Kepala Bidang Ketahanan Pangan Kabupaten Bangka Tengah, Citra Yuliana; serta Ibu-ibu Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Bangka Tengah.

#badanpangannasional #nationalfoodagency #bapanas #NFA #pangankuatindonesiaberdaulat #penganekaragamanpangan #b2sa #rumahpangan #geraib2sa #rumahpanganb2sa #stunting #makanenak #makansehat #makanb2sa #panganlokal #kenyanggaharusnasi #sehatdenganpanganlokal #sinergipangan #ketahananpangan #tanjunggunung #bangkatengah #b2sabangkabelitung #bangkabelitung

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.