BADAN PANGAN NASIONAL
Tim Internal Control Sistem (ICS) Ujung Tombak NFA Dalam Kegiatan PAS AMAN

Dalam rangka memastikan penjaminan keamanan pangan segar di peredaran berjalan secara optimal, Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) selaku otoritas Kompeten Keamanan Pangan (OKKP) Pusat melaksanakan supervisi kegiatan Pasar Pangan Segar Aman (PAS AMAN) di Pasar Rakyat Sei Sikambing, Kota Medan pada Selasa (6/2/24).


Direktur Pengawasan Penerapan Standar Keamanan dan Mutu Pangan NFA Anas dalam aksi pengawasan tersebut menyampaikan kegiatan tersebut dilakukan sebagai langkah agar pengawasan di pasar rakyat dapat dilaksanakan secara terus menerus oleh Tim ICS, dengan harapan memberikan jaminan kepastian keamanan pangan bagi produk segar curah yang diedarkan kepada masyarakat.


"Tim ICS melakukan pengawasan hygiene sanitasi secara rutin yang mencakup area kios bersih dan pedagang sudah mulai menerapkan personal hygiene, itu bagus. Dan tim juga sudah melakukan pengambilan sampel untuk beberapa komoditas seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, tomat, kubis, serta daging ayam dan ikan teri untuk diuji dengan rapid test. Hasilnya menunjukkan bahwa semua pangan segar yang diuji tidak terdeteksi residu pestisidan dan juga formalin sehingga dinyatakan aman dikonsums," ujar Anas.


Diketahui berdasarkan hasil survei pre dan post program yang dilakukan oleh Tim Teknis, terdapat peningkatan pemahaman pedagang dan masyarakat tentang keamanan pangan setelah adanya kegiatan PAS AMAN di Pasar Sei Sikambing. 


"Dari sisi pedagang, simpulan predikat persepsi “cukup” pada pre program dan meningkat menjadi “sangat baik” (84%) pada post program. Sedangkan dari sisi konsumen, predikat persepsi “baik” (53%) pada pre program dan meningkat menjadi “sangat baik” (80%) pada post program, itulah kenapa Tim ICS perlu terus konsisten melaksanakan SOP Pengawasan, Hygiene Sanitasi, dan Pendataan, sehingga sistem internal dapat berjalan dengan baik," tambah Anas.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
BULOG
IDFOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.