BADAN PANGAN NASIONAL
Tindak Lanjuti Kerjasama NFA & IFSR, NFA Bekali Edukasi Pangan B2SA Kepada Petugas Dapur Umum Pelayanan Makan Bergizi Gratis di Kabupaten Sukabumi

Sebagai tindak lanjut atas Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) dengan Indonesia Food Security Review (IFSR) pada program Makan Bergizi Gratis, NFA menggelar Sosialisasi dan Edukasi Konsumsi Pangan Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) kepada Petugas Dapur Umum Pelayanan Makan Bergizi Gratis pada Kamis, (4/7/2024) di Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi.

Andriko Noto Susanto, Deputi Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan NFA bahwa ini penting untuk diadakan, karena dalam menyediakan makanan dalam jumlah besar dengan waktu tertentu, perlu ada alur proses yang baik. Mulai dari perencanaan menu, persiapan bahan baku, proses memasak, proses pengiriman, penyajian makanan di sekolah, bahkan sampai proses makan oleh anak-anak di sekolah.

"Jadi Bapak dan Ibu yang hadir pada hari ini memegang peran penting dalam setiap alur proses penyediaan pangan. Tujuan kita melalui program makan bergizi gratis ini adalah agar anak-anak mendapatkan makanan yang selain bergizi juga seimbang dan aman sehingga tercipta sumber daya yang berkualitas, aktif, dan produktif," ujar Andriko.

Direktur Penganeragaman Konsumsi Pangan NFA Rinna Syawal, dalam paparan materinya mengajak seluruh peserta untuk memahami konsep konsumsi pangan B2SA, merubah mindset dasar makan tadinya hanya kenyang menjadi makan harus sehat. Tak lupa, Ia pun menambahkan agar semua bahan produksi makan bergizi gratis ini agar memanfaatkan potensi sumber pangan lokal.

"Bapak dan ibu sekalian, misi kita makan bergizi, jadi dapat dipahami semua kebutuhan gizi dalam setiap menu dapat memenuhi standar B2SA, bukan hanya kenyang, tapi harus sehat. Dan juga, di Kabupaten Sukabumi itu mempunyai potensi sumber pangan yang berlimpah khususnya sayur-sayuran, manfaatkan itu semua, jangan mencari bahan pangan yang susah didapatkan disini, B2SA itu tidak mahal," ungkap Rinna

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Unit Pelayanan Makan Bergizi Gratis Kabupaten Sukabumi Fahni Idris mengungkapkan, melalui sosialisasi dan edukasi konsumsi pangan B2SA ini pihaknya selaku pengelola yang menangani dapur di unit pelayanan makan bergizi gratis dapat meningkatkan skill dan kreativitas dalam menyajikan menu makan bergizi.

"Ini tentunya sangat bermanfaat sekali bagi kami selaku pengelola di unit pelayanan makan bergizi gratis ini, sehingga kami bisa mengetahui kriteria dan bagaimana menyajikan menu makanan B2SA bagi anak-anak," ungkapnya.

Sosialisasi dan Edukasi Konsumsi Pangan B2SA ini di gelar di Aula Gedung Wisma Bumi Atikan Cibadak Kabupaten Sukabumi dengan jumlah peserta sebanyak 51 yang terdiri dari Petugas Dapur Umum di Unit Pelayanan Makan Bergizi Gratis di 20 sekolah yang menjadi pilot project di Kabupaten Sukabumi.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Sukabumi Hari Riyadi beserta jajaran; Kepala Sekolah SDN 03 Warung Kiara Atmaja beserta jajaran; serta hadir secara langsung sebagai narasumber dari Direktorat Pengawasan Penerapan Standar Keamanan dan Mutu Pangan NFA yang diwakili oleh Sugiatmi selaku Analis Ketahanan Pangan Ahli Madya dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi yang diwakili oleh Sub Koordinator Pengawasan Usaha Makanan dan Minuman Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi, Sukarya.


#badanpangannasional #nationalfoodagency #bapanas #NFA #pangankuatindonesiaberdaulat #penganekaragamanpangan #b2sa #makanb2sa #panganlokal #kenyanggakharusnasi #sehatdenganpanganlokal #edukasib2sa #makangratis #makanbergizigratis #ifsr #indonesiafoodsecurityreview

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.