Tingkatkan Akses Pangan Sehat, NFA Hadir dalam Penyerahan Mobil Pangan Berjalan

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) terus meningkatkan dukungannya terhadap gerakan peningkatan gizi masyarakat melalui pengurangan food waste. Hal tersebut diwujudkan melalui partisipasi NFA dalam penyerahan simbolik "Mobil Pangan Berjalan"  dari Superindo kepada Foodbank of Indonesia (FOI) pada, Sabtu, (27/8), di Tugu Proklamasi, Jakarta.


Penyerahan dilakukan Presdir Superindo Johan Boeijenga kepada Ketua FOI Hendro Utomo, disaksikan Deputi Kerawanan Pangan dan Gizi NFA Nyoto Suwignyo, Asisten Kesra Pemprov DKI, dan Dubes Belanda untuk Indonesia. Turut hadir dalam kesempatan tersebut ratusan relawan FOI dan karyawan Superindo.


Nyoto Suwignyo mengatakan, penyerahan "Mobil Pangan Berjalan" tersebut ditujukan sebagai dukungan kepada Program Dapur Bergerak dalam rangka memberikan akses pangan sehat bagi masyarakat kurang mampu di wilayah DKI Jakarta. "Program Dapur Bergerak ini juga diintegrasikan dengan gerakan penyelamatan pangan melalui pengurangan potens food waste," terangnya.


Sementara itu, Kepala NFA Arief Prasetyo Adi menyambut baik kolaborasi antara lembaga, pemerintah daerah, komunitas dan privat sector dalam memerangi kerawanan gizi dan food waste. “Sinergi ini merupakan langkah yang baik dalam memerangi kerawanan gizi dan food waste yang masih sangat tinggi. Diharapkan semua pihak dapat segera mengeksekusi berbagai program yang telah disusun, agar segera memberikan hasil konkrit,” ujarnya.


Arief menambahkan, aksi ini merupakan hal yang mendesak. Pasalnya pemborosan makanan memiliki keterkaitan erat dengan kerawanan pangan dan gizi.


Upaya ini sejalan dengan arahan Presiden RI bahwa pemerintah harus siap menghadapi krisis pangan, krisis energi dan krisis keuangan yang melanda dunia internasional. Kekurangan pangan merupakan ancaman yang nyata di tengah dinamika geopolitik dunia, perubahan iklim, dan pandemi Covid-19. Untuk itu, semua pihak harus berkolaborasi mengurangi pemborosan pangan from farm to table.

.

#BadanPanganNasional #NFA #NationalFoodAgency #Pangan #PanganKuatIndonesiaBerdaulat #FoodLose #PanganLokal #KolaborasiPangan #MobilPanganBerjalan #DapurSehat #FoodWaste #MakanEnak #MakanSehat #MakanB2SA #B2SA

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.