BADAN PANGAN NASIONAL
Tingkatkan Kualitas Gizi Siswa, NFA: Program GENIUS Untuk Menyemai Generasi Unggul Melalui Pemberian Pangan Bergizi

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) melakukan kunjungan kerja dalam rangka pemantauan, evaluasi dan persiapan program GENIUS (Gerakan Edukasi dan Pemberian Pangan Bergizi Untuk Siswa) sebagai bagian dari upaya meningkatkan kesadaran akan pentingnya gizi seimbang bagi tumbuh kembang anak-anak. 


Pelaksanaan Kegiatan GENIUS TA. 2024 merupakan komitmen NFA dalam upaya penurunan angka PoU pada provinsi pelaksana GENIUS TA. 2023 yang belum mencapai target nasional.  Hal ini disampaikan oleh Nyoto Suwignyo, Deputi Kerawanan Pangan dan Gizi NFA pada pertemuan Persiapan Pelaksanaan GENIUS TA 2024 di Sulawesi Selatan, Kab Maros, Kamis (30/05/2024).


“Kemarin saya di ingatkan Kepala NFA agar dalam berbagai kesempatan secara terus menerus untuk mendorong pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi masyarakat guna mewujudkan generasi Indonesia yang sehat, aktif, dan produktif, termasuk melalui program GENIUS ini,’’ Ujar Nyoto.


“Tadi saya sempet ngobrol sama ibu-ibu orang tua murid, mereka sangat antusias dalam program GENIUS 2024 ini. Katanya sekarang anak-anak sudah mulai terbiasa sarapan pagi, kedepan orang tua murid di SDN 215 Inpres Taipa menginisiasi kelanjutan pemberian pemberian pangan bergizi dan susu di hari senin setiap minggunya,’’Jelas Nyoto.


Ivan Martino Perwakilan Dit PP BAPPENAS mengapresiasi pelaksanaan kegiatan GENIUS yang tidak hanya sebatas pemberian kudapan bergizi tetapi juga dilengkapi dengan pemberian edukasi pangan gizi.


“Saat ini kami sedang melakukan tahapan penyusunan program makan bergizi gratis. Kami melihat sasaran program tersebut selama tahap awal ialah anak di sekolah tingkat PAUD, sekolah dasar, pesantren, dan setingkatnya.Terkait GENIUS kolaborasi dan kontribusi berbagai pihak pada kegiatan GENIUS seperti pihak sekolah, orang tua dan pihak komite sangat penting untuk terus dikembangkan,’’ Ujar Ivan.



Kunjungan ini turut didampingi Dit PP Bappenas, Asda 2 Kab.Maros, Dinas KP Prov.Sulsel, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Kab Maros, Kadis Pendidikan Kab Maros, Camat Maros Baru dan Lurah Taipa dan Komite Sekolah.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.