Tingkatkan Kualitas Konsumsi Pagan dan Cegah Stunting, NFA Bagì10 Ribu Telur

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) beri bantuan 10.000 telur kepada masyarakat di Kelurahan Mencirim Kecamatan Binjai Timur Kota Binjai Provinsi Sumatera Utara, Sabtu (27/08/2022).


Kegiatan ini merupakan kolaborasi NFA bersama Ikatan Senat Mahasiswa Peternakan Indonesia, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Pembangunan Pancabudi – Medan Sumatera Utara dalam bentuk kegiatan Aksi Gizi dengan tema “Gerakan Indonesia Gemar Makan Telur”.


Ketua Ismapeti (Ikatan Senat Mahasiswa Peternakan Indonesia) Acep Adinda Nugraha mengatakan aksi gizi ini menjadi salah satu rangkaian kegiatan dalam Temu Ilmiah Mahasiswa Peternakan Indonesia Nasional (TIMPINAS) sebagai bentuk kampanye gizi untuk mengedukasi masyarakat,  


“Ini merupakan bentuk kampanye kita kepada masyarakat pentingnya mengonsumsi susu dan telur sebagai sumber pangan hewani untuk memenuhi kebutuhan gizi seimbang” ujarnya.


Sebelumnya, dalam Seminar Nasional Tantangan dan Peluang dalam Upaya Mewujudkan Kedaulatan Pangan Asal Ternak Ruminansia oleh Ikatan Mahasiswa Peternakan di Universitas Pembangunan Pancabudi, Jumat (26/08/2022), Deputi 3 Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan Andriko Noto Susanto mengatakan, salah satu tugas NFA adalah menggencarkan penganekaragaman pangan dan menyosialisasikan pola pangan beragam, bergizi seimbang, dan aman (B2SA) kepada masyarakat.


“Salah satu yang kita galakkan yaitu gerakan Indonesia Gemar Makan Telur guna mendorong pencapaian angka konsumsi protein hewani ideal yang akan berpengaruh terhadap skor Pola Pangan Harapan (PPH),” ujar Andriko.


Secara terpisah, Kepala NFA Arief Prasetyo Adi mengatakan kegiatan seperti ini dapat direplikasi oleh pemerintah daerah sehingga menjadi gerakan yang meluas dan memberi manfaat sebesar-besarnya kepada masyarakat.  


“Kami mengharapkan bantuan telur ini dapat mengedukasi masyarakat untuk meningkatkan konsumsi pangan sumber protein hewani, dan kegiatan ini dapat direplikasi oleh pemerintah daerah, dalam rangka memperbaiki kualitas konsumsi pangan masyarakat dan penanganan pencegahan stunting.” tambahnya.


Hal ini pun sejalan dengan arahan Presiden Jokowi agar semua pihak berkolaborasi untuk mewujudkan target penurunan stunting hingga 14 persen di tahun 2024. Dan itu salah satunya diupayakan melalui pemenuhan konsumsi protein seperti telur.




#badanpangannasional #pangankuatindonesiaberdaulat #panganlokal #telur #makanenakmakansehatmakanb2sa #b2sa #kenyangtidakharusnasi #konsumsipangan #ketahananpangan #inflasi #stunting #cegahstunting #konsumsitelur

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.