BADAN PANGAN NASIONAL
Tinjau Bulog Kanwil Sumatera Utara, NFA Pastikan Ketersediaan Aman dan Perkuat Serapan Dalam Negeri

Dalam menjaga ketersediaan pangan tetap aman dan memastikan stabilitas harga di wilayah Sumatera Utara, Deputi Bidang Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA), Andriko Noto Susanto, melakukan kunjungan kerja ke Kantor Wilayah Perum Bulog Sumatera Utara (Sumut). Kunjungan ini bertujuan untuk memantau ketersediaan stok dan penyerapan pangan dalam negeri.

Saat ini, stok beras di gudang Bulog Kanwil Sumut mencapai sekitar 40.000 ton, dengan tambahan 10.000 ton yang sedang dalam proses sandar di pelabuhan. Dengan total 50.000 ton beras, Andriko menyatakan bahwa ketersediaan ini aman untuk memenuhi kebutuhan pangan tiga bulan ke depan. "Kami memastikan bahwa stok pangan di Sumatera Utara cukup aman untuk tiga bulan ke depan. Dengan adanya tambahan 10.000 ton yang segera masuk, kita optimis ketersediaan pangan dapat terjaga," ujar Andriko saat kunjungannya ke Bulog Kanwil Sumut. (11/7/24)

Penyaluran bantuan pangan tahap kedua tahun 2024 juga menjadi fokus dalam kunjungan ini. Andriko menjelaskan bahwa distribusi bantuan pangan untuk periode April, Mei, dan Juni sudah berjalan dengan baik. "Proses penyaluran bantuan pangan ini sudah mencapai 100%, dan kita targetkan seluruh distribusi selesai pada 18 Juli 2024. Selanjutnya, kami akan mempersiapkan alokasi untuk bulan Agustus," pungkas Andriko.

Pimwil Bulog Kanwil Sumut, Arif Mandu, menambahkan bahwa pihaknya siap untuk menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. "Kami di Bulog Kanwil Sumut akan terus berkomitmen untuk memastikan ketersediaan pangan dan menjaga stabilitas harga di wilayah kami. Dengan stok yang ada saat ini, kami yakin kebutuhan pangan masyarakat dapat terpenuhi dengan baik," ungkap Arif.

Bulog Kanwil Sumut telah menyerap 17.200 ton beras dalam negeri per bulan Juni dari petani di wilayahnya. Arif Mandu melanjutkan bahwa jumlah serapan itu sudah lebih dari setengah dari target serapan beras Bulog Sumut pada tahun 2024, yakni di kisaran 27.000 ton. "Beras tersebut didapatkan dari panen yang terjadi setiap bulan di seluruh wilayah Sumatera Utara seperti Kabupaten Deli Serdang, Serdang Bedagai, dan Batu Bara," tambah Arif.

Dalam rangka menjaga stabilitas harga pangan melalui program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP), Bulog Kanwil Sumut telah mendistribusikan sekitar 50.000 ton beras dari target 75.000 ton untuk tahun ini. "Kami berharap hingga akhir tahun ini, target distribusi dapat melampaui 75.000 ton, bahkan bisa mencapai 100.000 ton. Dengan upaya ini, diharapkan harga beras dan inflasi tetap stabil," tutup Arif.

#BadanPanganNasional #NationalFoodAgency #NFA #Bulog

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.