BADAN PANGAN NASIONAL
Tinjau Bulog Mamuju, NFA Pastikan Stok Pangan Aman dan Tercukupi.

Komitmen Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) dalam menyediakan pangan ke masyarakat merupakan tanggungjawab yang harus dipenuhi. Hal ini diungkapkan oleh Deputi Bidang Penganekaragaman dan Konsumsi Pangan NFA Andriko Noto Susanto ketika melakukan tinjauan ke Bulog Cabang Mamuju. (18/7/24).

Andriko menegaskan bahwa stok beras di seluruh Indonesia, termasuk di Mamuju, berada dalam kondisi yang cukup dan aman. “Kita ingin memastikan bahwa stok beras kita di seluruh Indonesia, termasuk di sini, itu situasinya cukup,” ujar Andriko Noto Susanto. 

Hal ini menjadi sangat penting mengingat harga beras yang fluktuatif sering kali menjadi salah satu penyebab inflasi di Indonesia. "Untuk harga beras, begitu harganya naik, yang perlu kita waspadai adalah saudara-saudara kita yang pendapatannya tidak banyak, yang masuk kategori miskin ekstrim. Orang-orang ini kita perlu beri perhatian karena dia tidak bisa membeli beras. Makanya pemerintah memberikan bantuan beras 10 kilogram kepada 22 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di seluruh Indonesia," tambahnya Andriko.

Dalam kunjungan tersebut, Pimpinan Cabang Bulog Mamuju Muhammad Wahyuddin menjelaskan bahwa tahap kedua dari program bantuan beras di Sulawesi Barat telah selesai 100%, dan tahap ketiga akan dimulai pada bulan Agustus mendatang. "Untuk ketersediaan stok beras di Kantor Cabang Mamuju, Sulawesi Barat, sekitar 2.300 ton. Untuk ketahanan stok sampai akhir tahun aman. Untuk penyaluran bantuan pangan kita akan mulai di bulan Agustus dengan alokasi sekitar 330 ton per alokasi," jelas Wahyuddin.

Selain itu, penyaluran Stabilisasi Harga Pangan Pokok (SHPH) juga berjalan lancar. “Kami supply ke 19 RPK (Rumah Pangan Kita) dan pasar-pasar tradisional. Untuk Agustus, posisi siap. Satu Agustus kita langsung launching,” tambah Wahyuddin.

Badan Pangan Nasional memastikan bahwa penyaluran bantuan pangan dan upaya stabilisasi harga beras dapat berjalan dengan baik, demi menjaga kesejahteraan masyarakat dan mencegah terjadinya kelangkaan pangan di Sulawesi Barat dan daerah lainnya.

#BadanPanganNasional #NationalFoodAgency #NFA #SPHP #Bulog #Mamuji

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.