BADAN PANGAN NASIONAL
Tinjau Eksportir Pala, NFA Dorong Pemenuhan Standar Keamanan Pangan Komoditas Unggulan Ekspor

Deputi Bidang Penganekaragaman dan Konsumsi Pangan Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Andriko Noto Susanto melakukan peninjauan ke PT True Spices Indonesia sebagai salah satu eksportir di Sidoarjo, Kamis (20/7/2023). Peninjauan dalam rangka memastikan pemenuhan standar keamanan pangan pada komoditas unggulan ekspor serta untuk mengetahui kendala dan hambatan yang dialami oleh para eksportir.


"Berkat kolaborasi bersama semua pihak, kita bersyukur angka penolakan ekspor kita menurun, namun kita juga terus berupaya menjaga keamanan dan mutu produk kita. Terkait dengan adanya penolakan ekspor, kita perlu mengusahakan negosiasi pada forum bilateral maupun internasional untuk mendapatkan transparansi perdagangan" ujar Andriko. 


Lebih lanjut, transparansi dan fair trade menjadi penting untuk diusahakan karena pemerintah telah menerbitkan jaminan keamanan pangan melalui penerbitan Health Certificate (HC) kepada eksportir, namun eksportir sulit memperoleh klarifikasi terkait alasan penolakan. "Hak klarifikasi diperlukan untuk mewujudkan sistem perdagangan internasional yang adil dan bertanggung jawab" pungkasnya. 


Kepala NFA Arief Prasetyo Adi dalam kesempatan terpisah mengapresiasi para pelaku usaha ekspor impor pangan segar yang telah meregistrasikan produknya sebagai bentuk kesadaran akan penjaminan keamanan pangan. Kedepannya diharapkan semakin banyak izin edar dan sertifikat keamanan pangan yang diterbitkan untuk meningkatkan daya saing produk pangan Indonesia di kancah global.



Turut membersamai pada kegiatan antara lain Direktur Penganekaragaman Pangan NFA Rinna Syawal, Direktur Pengawasan Penerapan Standar Keamanan dan Mutu Pangan NFA Sri Nuryanti, Kepala Pusat Data dan Informasi Pangan NFA Kelik Budiana, Kepala Unit Pelaksana Teknis Pengawasan dan Sertifikasi Hasil Pertanian Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur Sugiastuti, beserta segenap jajaran manajemen PT True Spices Indonesia.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.