BADAN PANGAN NASIONAL
Tinjau Pabrik Kernel Beras Fortifikasi di Malang, NFA Dorong Kualitas Konsumsi Pangan Masyarakat

Beras merupakan komoditas pangan pokok utama penduduk Indonesia dengan partisipasi konsumsi mencapai lebih dari 90% sehingga sangat berpotensi untuk dijadikan sebagai vehicle fortifikasi pangan dalam memenuhi kebutuhan vitamin dan nutrisi.

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) terus mendorong upaya untuk mewujudkan kualitas konsumsi pangan masyarakat dengan pemenuhan nutrisi dan vitamin, salah satunya melalui beras fortifikasi.

Beras fortifikasi tidak hanya menjadi sumber karbohidrat utama, tetapi juga diperkaya dengan zat gizi mikro, seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B6, vitamin B12, asam folat, zat besi, dan zinc. Keberadaan zat-zat gizi ini diharapkan dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan serta dapat mendukung program penurunan stunting.

Deputi Bidang Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan NFA Andriko Noto Susanto dalam kunjungannya mengatakan bahwa NFA memiliki program yang dapat menjadi potensi bagi pelaksanaan program fortifikasi beras yaitu pemanfaatan Cadangan Beras Pemerintah dalam bentuk penyaluran bantuan beras sebagaimana dalam Perpres Nomor 125 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Cadangan Pangan Pemerintah. 

"Peran Badan Pangan Nasional kedepan dalam mendukung program fortifikasi beras nasional di antaranya melalui pengajuan standar dan izin edar beras fortifikasi, penetapan standar pengawasan mutu beras fortifikasi, mengintegrasikan beras fortifikasi dalam jenis bantuan pangan untuk masyarakat berpendapatan rendah dan terdampak bencana, penyelenggaraan cadangan pangan pemerintah khususnya cadangan beras fortifikasi, serta sosialisasi dan edukasi tentang beras fortifikasi," tambah Andriko.

Turut mendampingi dalam giat kunjungan ini, Direktur Penganekaragaman Konsumsi Pangan NFA Rinna Syawal, serta Direktur Perumusan Standar Keamanan dan Mutu Pangan NFA Yusra Egayanti beserta jajaran dan tim.


#BadanPanganNasional #NationalFoodAgency #NFA #PanganKuatIndonesiaBerdaulat #BerasFortifikasi #Fortifikasi #B2SA

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.