BADAN PANGAN NASIONAL
Tinjau Pasar Agung Denpasar, NFA Mantapkan Lokasi Pas Aman Wilayah Bali

Dalam rangka percepatan implementasi kegiatan Pasar Pangan Segar Aman (PAS AMAN) sebagai upaya penguatan penjaminan keamanan pangan segar di peredaran, khususnya di wilayah pusat pariwisata dan kegiatan internasional, telah dilaksanakan sosialisasi, koordinasi, monitoring dan supervisi di Pasar Agung Kota Denpasar (23/3/2024).


Kota Denpasar merupakan salah satu lokasi baru kegiatan PAS AMAN yang mendapatkan alokasi dana Dekonsentrasi Tahun Anggaran 2024. Dari hasil pemantauan lapangan secara umum Pasar Agung memenuhi persyaratan sebagai calon lokasi kegiatan PAS AMAN, berada pada lokasi strategis dan beroperasional setiap hari, memiliki sarana dasar sanitasi higienis yang cukup, baik pada kios pedagang, sanitasi air, dan juga kebersihan pasar dan penanganan limbah serta sampah terkelola dengan baik.


Pasar Agung telah memiliki sistem zonasi untuk pengaturan lapak pedagang pangan segar, pangan olahan, non pangan, dan hewan hidup, sehingga menghindarkan dari kontaminasi silang, serta untuk mendukung operasional Internal Control System/ICS, di Pasar Agung juga tersedia 4 orang petugas pengelola pasar yang nantinya akan ditunjuk sebagai tim ICS. Pengelola pasar juga berkomitmen untuk menyediakan ruang khusus untuk dijadikan sebagai pos pantau keamanan pangan.


Diharapkan dengan adanya kegiatan peninjauan lokasi serta pembekalan ini, memantapkan pasar agung sebagai salah satu lokasi PAS AMAN di Bali sebagai upaya penjaminan keamanan pangan segar di wilayah Bali khususnya Kota Denpasar.



#BadanPanganNasional #NationalFoodAgency #NFA #PengawasKeamanan #PanganSegar #PasAman

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik Indonesia
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
IDFOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.