BADAN PANGAN NASIONAL
Tinjau Pengawasan Mutu dan Kualitas Perikanan, NFA dampingi Komisi IV Sambangi BP2MHKP Surabaya

Dalam rangka peningkatan ketahanan pangan dan menjaga kualitas hasil perikanan, Komisi IV DPR RI didampingi Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) melakukan kunjungan kerja ke Badan Pengendalian dan Pengawasan Mutu Hasil Kelautan dan Perikanan (BP2MHKP) Surabaya, Jawa Timur pada Sabtu (21/10/2023). 


NFA beserta rombongan anggota Komisi IV DPR RI dipimpin langsung oleh Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Anggia Erma Rini, mengatakan dalam sambutanya perikanan mempunyai kontribusi dalam ketahanan pangan, khususnya dalam penyedia sumber protein hewani bagi masyarakat. Mengingat manfaat ikan diperlukan untuk kecerdasan dan kesehatan.


"Untuk itu jaminan mutu dan keamanan hasil perikanan adalah upaya pencegahan dan pengendalian yang harus mutlak untuk diperhatikan sebelum diproduksi, hingga pendistribusian untuk menghasilkan perikanan yang bermutu dan aman bagi kesehatan manusia," ungkap Anggia.


Dalam kesempatan yang sama, Deputi Deputi Bidang Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan NFA Andriko Noto Susanto juga menyatakan bahwa untuk memberikan kepercayaan dan rasa aman kepada masyarakat, selain harus aman dikonsumsi dan bermutu baik, produk perikanan UMKM juga perlu dikemas dengan label yang informatif. Oleh karena itu kehadiran instansi terkait diperlukan dalam rangka memberikan pembinaan untuk pemenuhan teknis mendasar tentang penerapan cara pengolahan ikan yang baik.



"Mewujudkan ketahanan pangan itu salah satu aspeknya adalah keamanan, jaminan mutu serta keamanan pangan bagi masyarakat dari produk-produk hasil perikanan yang bebas dari bahan tambahan berbahaya, inilah yang kita perlu sinergikan dan usahakan bersama-sama," ujar Andriko.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.