BADAN PANGAN NASIONAL
Tinjau Pengguliran Kembali Bantuan Pangan Beras Bersama Presiden Jokowi, Kepala NFA Pastikan Pasokan Beras Jelang Peak Season Terus Terjaga

BEKASI – Selepas hari pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu), sesuai komitmen pemerintah, bantuan pangan beras kembali digulirkan mulai 15 Februari. Presiden Joko Widodo mengukuhkan dimulainya kembali bantuan pangan beras dengan mengunjungi Gudang Perum Bulog Cibitung, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (16/2/2024) bersama Kepala Badan Pangan Nasional/National Food Agency Arief Prasetyo Adi dan Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi.


"Jadi yang 10 kilo (bantuan pangan beras) sudah diterima semuanya? Bulan Januari sudah terima ya? Februari hari ini diterima. Nanti (lanjut) Maret, April, Mei, Juni. Nanti kita lihat di APBN, kalau pemerintah punya kemampuan akan dilanjutkan lagi, tapi janji saya sampai Juni dulu. Nanti hitung-hitung APBN, APBN cukup, bisa ditambah," kata Presiden Jokowi saat menjumpai masyarakat.


"Jadi di seluruh dunia sekarang ini sedang terjadi yang namanya krisis pangan. Jadi yang namanya harga beras di negara-negara lain juga naik. Tetapi di negara kita, rakyat kita bantu (beras) dengan 10 kilo, 10 kilo. Itulah fungsinya negara membantu kalau ada kenaikan harga beras. Kalau di negara lain kan tidak ada yang namanya bantuan pangan beras seperti yang kita miliki. Untung APBN kita mampu memberikannya," terang Presiden.


Selepas mendampingi kunjungan kerja RI-1, Kepala NFA Arief Prasetyo Adi menuturkan pengguliran bantuan pangan beras telah dimulai kembali serentak di seluruh Indonesia. Langkah ini juga diiringi strategi pemerintah dalam menghadapi peak season nanti.


"Hari ini tanggal 16 Februari, Bapak Presiden berkenan cek kondisi stok beras yang ada di Gudang Bulog di Cibitung ini. Kemudian seperti yang telah disampaikan sebelumnya bahwa bantuan pangan pemerintah dalam bentuk beras sudah kita mulai kembali sejak kemarin. Bapak Presiden yang pertama mengunjungi lagi hari ini," ucapnya.


"Setelah ini juga akan berkunjung ke beberapa provinsi lain. Jadi Bapak Presiden ini selalu cek kondisi stok beras dan kita harapkan sampai dengan nanti peak season, puasa dan lebaran, kondisi perberasan kita, tetap dijaga dengan baik," sambungnya.


"Perlu diketahui bahwa kami semua sudah mempersiapkan jauh-jauh hari, baik untuk ketersediaan maupun pasokan

ke seluruh masyarakat yang ada di Indonesia. Stok beras Bulog saat ini 1,4 juta ton," tandasnya.


Lebih lanjut, Kepala NFA Arief Prasetyo Adi turut menjelaskan fokus pemerintah adalah menjaga keseimbangan di semua lini rantai pasok pangan, terutama di tingkat produsen. Meskipun langkah importasi dilakukan, tapi kepentingan petani harus senantiasa dijaga.


"Saya telah meminta Bapak Dirut Bulog untuk menyeimbangkan harga di tingkat petani. Jadi harga di tingkat petani ini, kalau nanti panen sudah di atas 3,5 juta ton. Bahkan kita berharap bisa sampai 5 juta ton dalam 2 bulan ke depan, harga petani tetap harus dijaga. Ini juga pesannya Bapak Presiden. Walaupun importasi dilakukan, tetapi importasi ini dilakukan secara terukur," urainya.


"Kondisi harga beras sekarang karena hari ini nilai tukar petani, khususnya tanaman pangan, padi dan jagung, memang dalam kondisi yang sangat baik untuk petani. Akan tetapi tugas pemerintah memang harus menyeimbangkan sampai di hilir," jelasnya.


"Artinya 22 juta masyarakat yang paling memerlukan, ini kita berikan bantuan pangan bentuknya beras 10 kilo, gratis ya, sehingga ini program akan dilanjutkan oleh kita semua sampai dengan Maret bahkan sampai dengan Juni. Melihat tadi Bapak  Presiden sampaikan postur anggaran kita," tutup Arief.


Selama pelaksanaan bantuan pangan beras di tahun ini, dengan target penyaluran kepada 22.004.077 KPM, diproyeksikan kebutuhan CBP hingga Februari berkisar di 440 ribu ton. Sementara realisasi penyaluran sampai 15 Februari telah mencapai 186 ribu ton.


Visitasi Presiden Jokowi ke Bekasi hari ini turut didampingi oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri BUMN Erick Thohir, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin, Pj Bupati Bekasi Dani ramdan, Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan NFA I Gusti Ketut Astawa, dan Direktur Supply Chain dan Pelayanan Publik Perum Bulog Mokhamad Suyamto


————————————————————————

*Siaran Pers*

*Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA)*

040/R-NFA/II/2024


16 Februari 2024

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:


komunikasi@badanpangan.go.id

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik Indonesia
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
IDFOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.