BADAN PANGAN NASIONAL
Tinjau Sentra Penggilingan Padi Modern Bulog Karawang, Kepala NFA Beri Spirit Untuk Optimalisasi Serapan Gabah dan Beras

Kepala Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi berkesempatan meninjau ke Sentra Penggilingan Padi Modern/Modern Rice Milling Plant (MRMP) Perum Bulog di Karawang, pada Jumat (20/10/2023). Dalam kunjungannya Arief berikan dorongan lebih kepada manajemen Bulog setempat untuk semakin lakukan optimalisasi serapan gabah dan beras.


"Sesuai arahan Bapak Presiden Joko Widodo, MRMP Karawang perlu dapat memperkuat stok di Bulog dengan menyerap sebanyak-banyaknya gabah di petani. Ini karena sarana penyimpanan dan kapasitas mesinnya yang sangat mumpuni. Tadi saya barusan panen padi di Sukamandi, Bulog disini agar segera melakukan penyerapan,” ucap Arief.


Sebagaimana diketahui, MRMP di Karawang dilengkapi dengan mesin pengering berkapasitas 120 ton per hari dan Rice Milling Unit (RMU) berkapasitas 6 ton per jam. Di samping itu, terdapat pula 3 unit Silo dengan kapasitas penyimpanan mencapai 2.000 ton.


Pada kunjungan Kepala NFA yang turut ditemani Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko hari ini, diperoleh informasi total stok Gabah Kering Panen (GKP) yang telah diserap telah capai 6.270 ton. Selanjutnya setelah proses giling diperoleh Gabah Kering Giling (GKG) sebanyak 3.680 ton. Saat ini stok GKG yang masih tersimpan ada di 1.620 ton.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.