BADAN PANGAN NASIONAL
Topang Keluarga Berisiko Stunting, Rumah Pangan B2SA Dukung Program Intervensi Bagi Masyarakat Miskin

LOMBOK — Badan Pusat Statistik (BPS) baru-baru ini mengumumkan bahwa secara umum tingkat kemiskinan di Indonesia mengalami penurunan sebesar 0,33% pada periode Maret 2023 hingga Maret 2024. Disebutkan, salah satu faktor yang mempengaruhi adalah berkat adanya berbagai program bantuan dari pemerintah. 

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) sebagai salah satu institusi dari pemerintahan pun turut menggalakan program yang menyasar kelompok masyarakat miskin. Salah satunya program intervensi kepada keluarga berisiko stunting melalui program Rumah Pangan B2SA.

“Jadi selain melalui Bantuan Pangan beras, daging ayam, dan telur, masyarakat juga kita dampingi dengan pemberian pangan Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) sekaligus edukasi sebagai investasi jangka panjang untuk memastikan generasi mendatang tumbuh aktif, sehat, dan produktif.” jelas Direktur Penganekaragaman Konsumsi Pangan NFA, Rinna Syawal saat meninjau Rumah Pangan B2SA di Lombok Utara, NTB, Senin (5/8/2024).

Rina menuturkan, sasaran utama Rumah Pangan B2SA tersebut adalah balita stunting, anak gizi buruk, ibu hamil, ibu menyusui, dan calon pengantin yang berasal dari golongan kelompok kuintil 1 dan 2, yakni masyarakat dengan pengeluaran rendah.

Lebih jauh Rinna mengungkapkan dipilihnya masyarakat pengeluaran rendah sebagai penerima bantuan bukan tanpa alasan. Berdasarkan hasil capaian Pola Pangan Harapan (PPH) tahun 2023, menunjukkan bahwa terdapat korelasi signifikan antara skor PPH dengan angka Prevalensi Ketidakcukupan Konsumsi Pangan/Prevalence of Undernourishment (PoU). Dimana ketika daerah memiliki skor PPH rendah, maka angka PoU dan stunting akan cenderung tinggi.

Menelaah dari data hasil PPH 2023 dengan skor 94,1 dan angka PoU 8,53, Rinna memaparkan bahwa ketika masyarakat suatu daerah tidak dapat menjangkau biaya pemenuhan makanan bergizi, maka skor PPH yang dicapai daerah tersebut pun rendah. Dan jika ditarik lebih jauh, skor PPH yang rendah kontras dengan tingginya angka PoU yang dicapai. Dengan kata lain, rendahnya pengeluaran masyarakat beriringan dengan ketidakmampuan mereka mencukupi konsumsi pangannya.

“Di sinilah peran kita untuk meningkatkan akses pangan melalui pemberian makan B2SA dan mengedukasi masyarakat agar lebih berdaya dalam keterbatasan kondisi ekonomi dengan memanfaatkan sumber pangan lokal. Sekali lagi saya tekankan, B2SA itu tidak mahal, asal kita bisa memanfaatkan secara maksimal sumber pangan yang ada di sekitar.” lanjutnya.

Diketahui pada tahun 2024 pengembangan Rumah Pangan B2SA dilakukan pada 175 titik lokasi desa prioritas yang tersebar di 33 provinsi di seluruh Indonesia, dengan pemberian makanan 50-60 kali kepada sekitar 7.000 penerima manfaat.

Pada kesempatan terpisah, Kepala NFA Arief Prasetyo Adi juga menekankan akan terus melakukan penderasan bantuan pangan dalam berbagai program NFA untuk mendukung masyarakat rentan pangan. “Badan Pangan Nasional berkomitmen penuh terhadap upaya mendukung penurunan kemiskinan melalui berbagai program intervensi. Tentunya dengan membangun sinergi dan kolaborasi berbagai pihak. Dari program Rumah Pangan B2SA misalnya, kita harapkan terpenuhinya kebutuhan pangan masyarakat dengan berbasis sumber daya lokal,” tegas Arief.

———————————————————

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

komunikasi@badanpangan.go.id

Telp : 087783220455


BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.