BADAN PANGAN NASIONAL
Transformasi Gizi dan Kesehatan Anak Melalui Program Pengembangan Desa B2SA di Bontang, Kalimantan Timur

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) melalui Direktorat Penganekaragaman Konsumsi Pangan terus menggencarkan program pengembangan desa B2SA dalam upaya untuk pengentasan stunting. Salah satu desa yang menjadi sasaran program ini adalah Desa Bontang Lestari, Kota Bontang, Kalimantan Timur.


Untuk mengatasi masalah stunting di Desa Bontang Lestari, NFA bekerja sama dengan Pemerintah Kota Bontang dan berbagai pihak terkait. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan pemberian makan yang beragam, bergizi seimbang, dan aman kepada para penerima manfaat yang terdiri 40 anak stunting dan kurang gizi.


Direktur Penganekaragaman Konsumsi Pangan NFA, Rinna Syawal mengatakan, program pengembangan desa B2SA merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mewujudkan ketahanan pangan dan gizi di Indonesia. Program ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa, termasuk anak-anak yang rentan stunting dan kurang gizi.


“Badan Pangan Nasional terus berkomitmen untuk menurunkan angka stunting di Indonesia. Salah satu komitment kami adalah upaya yang kami lakukan melalui program pengembangan desa B2SA,” ujar Rinna.


Rinna menambahkan, program pengembangan desa B2SA tidak hanya fokus pada pengentasan stunting, tetapi juga pada peningkatan akses masyarakat terhadap pangan. Hal ini dilakukan melalui 3 komponen utama desa B2SA, yaitu rumah pangan, teras pangan, dan gerai pangan. 3 komponen tersebut adalah pilar utama dari pengembangan desa B2SA untuk mencapai tujuannya dan mewujudkan generasi yang sehat, aktif, dan produktif.


“Kami berharap program pengembangan desa B2SA dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat desa, terutama dalam upaya pencegahan stunting,” tambah Rinna.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.