Upaya Pemerintah Mengenalkan Pangan Lokal

Bersamaan dengan momentum Hari Pangan Sedunia 2017, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian menggelar lomba menggambar di Makodam XII/Tanjungpura Kalimantan Barat. Ini adalah cara Kementerian Pertanian mengenalkan panganan lokal kepada anak-anak.

"Semua perlengkapan lomba kami siapkan, sehingga ada keseragaman. Peserta tinggal fokus mengambar," kata Woro dari BKP, sambil membagikan peralatan menggambar.
Tema lomba adalah manfaatkan lahan pekarangan untuk mendukung diversifikasi pangan lokal dan pemenuhan kebutuhan pangan keluarga.

Hasil karya menggambarkan tentang pemanfaatan sumber pangan lokal sebagai sumber pangan pokok alternatif pengganti beras di lahan pekarangan. Hal itu diharapkan dapat mendorong masyarakat terutama anak-anak agar mengonsumsi pangan lokal yang terdapat di sekitarnya, sesuai kearifan lokal dan budaya setempat. Kegiatan ini sangat strategis untuk mengedukasi generasi muda agar mengenal dunia pertanian, khususnya pangan alternatif substitusi beras sesuai budaya lokal, yang dikreasikan dalam bentuk gambar. Melalui lomba ini, diharapkan masyarakat terutama anak-anak dan remaja sadar akan pentingnya sektor pertanian, sehingga dapat memanfaatkan pangan yang ada untuk mencukupi kebutuhan pangan kekuarga, bahkan mengatasi masalah pangan di Indonesia. Kepala Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan Tri Agustin Satriani dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan upaya mensosialisasikan kepada anak-anak sekolah tentang aneka ragam pangan bergizi seimbang dan aman (B2SA) dari sumber pekarangan sendiri.

"Anak-anak sekolah sedini mungkin perlu dikenalkan pola konsumsi B2SA dengan meningkatkan konsumsi sayur dan buah untuk meningkatkan kebutuhan gizi agar dapat hidup aktif sehat dan produktif," katanya. Salah satu peserta lomba dari SMP Alfiyah School Kubu Raya Sakura Marhabani mengatakan, lomba ini menambah wawasannya tentang aneka ragam pangan lokal yang ada di sekitarnya melalui pemanfaatan pekarangan dengan menanam aneka tanaman. "Saya jadi tahu apa saja yang bisa ditanami di pekarangan rumah dan bisa dijadikan aneka panganan," ujarnya. Dewan juri menetapkan enam pemenang, yaitu juara harapan 3 Novira Alma Safitri dari SMP 1 Sungai Raya, juara harapan 2 Pawestri Prava Dzalika dari SMP 1 Sungai Raya, juara harapan 1 Alvi Mufida dari SMP Al Fityah, juara 3 Priska Ananda Marcelo dari SMP Santa Monica, juara 2 Sakura Marhabani Rahma dari SMP Al Fityan, dan juara 1 Imam Jumaidi dari SMP 1 Sungai Raya.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.