BADAN PANGAN NASIONAL
Upaya Pengendalian Kerawanan Pangan, NFA Dorong Daerah Optimalkan Kegiatan Dekonsentrasi

Deputi Bidang Kerawanan Pangan dan Gizi Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) menyebutkan bahwa dalam rangka penguatan ketahanan pangan diperlukan peningkatan aspek ketersediaan melalui revitalisasi sistem irigasi, pembangunan jalan desa dan usahatani. 


Hal tersebut diungkapkannya saat melakukan pertemuan koordinasi di provinsi Banten, dengan Pj. Sekretaris Daerah Banten, Virgojanti dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Banten, Aan Muawanah. 


“Memperkuat kelembagaan petani dan penambahan fasilitas logistik pangan termasuk pusat distribusi pangan sehingga mendukung pengendalian inflasi pangan merupakan upaya yang harus dilakukan untuk perkuat ketahanan pangan” jelas Nyoto.


Dalam rangka pengendalian kerawanan pangan dan gizi, Nyoto juga menyebutkan bahwa dinas yang menangani ketahanan pangan perlu mengoptimalkan kegiatan dekonsentrasi 2024. “Dinas Ketahanan Pangan harus mengoptimalkan dekonsentrasi dan mendukung kelancaran penyaluran bantuan pangan serta tidak kalah pentingnya mendorong pemanfaatan pangan yang berlebih melalui kegiatan Gerakan Selamatkan Pangan (GSP) untuk masyarakat yang membutuhkan” ujar Nyoto lebih lanjut.


Menurut Peta Ketahanan dan Kerentanan Pangan (FSVA) 2022, daerah rentan rawan pangan di Provinsi Banten sebanyak 13 kecamatan dari 155 kecamatan (8, 39%) 


Pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Ketahanan Pangan Banten Aan Muawanah

akan mendukung kegiatan Badan Pangan Nasional seperti kegiatan GSP didalam upaya untuk mengurangi daerah rentan rawan pangan.


“Dinas Ketahanan Pangan Banten akan berkoordinasi secara internal untuk kegiatan GSP ini dan penyalurannya diutamakan untuk pesantren dengan format yang direkomendasikan Badan Pangan Nasional” tutur Aan Muawanah.



Dalam kunjungan kerja tersebut, Deputi Bidang Kerawananan Pangan dan Gizi NFA juga berkesempatan mengunjungi lahan aset Kota Serang yang didampingi oleh Pj. Walikota Serang Yedi Rahmat.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik Indonesia
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
IDFOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.