BADAN PANGAN NASIONAL
Visitasi Lahan SHS Sukamandi Subang, Kepala NFA Ajak Stakeholder Perberasan Lakukan Antisipasi Tren Deklinasi Produksi Beras di Paruh Kedua 2024

Kepala Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi melaksanakan visitasi ke lahan pertanian PT Sang Hyang Seri (SHS) seluas 155 hektare di Sukamandi, Subang, Jawa Barat pada Selasa (11/6/2024). Arief mengikutsertakan Bupati Indramayu Nina Agustina untuk bersama-sama lakukan benchmark terkait tata kelola pertanian dan benih varietas padi yang unggul.

Arief mengemukakan NFA senantiasa mendorong dan mendukung segenap stakeholder perberasan dalam bagaimana meningkatkan produksi beras. Berbagai langkah antisipasi dibutuhkan menjelaskan semester kedua dikarenakan tren produksi beras cenderung akan mengalami deklinasi.

"Tentunya sesuai keinginan Bapak Presiden Joko Widodo agar terus mengupayakan ketersediaan stok beras yang bersumber dari dalam negeri. Meskipun tren produksi beras kalau memasuki semester kedua biasanya akan menurun. Jadi kita perlu antisipasi dari sekarang," tutur Arief.

Menyadur data Kerangka Sampel Area (KSA) Badan Pusat Statistik (BPS) amatan April 2024, proyeksi produksi beras di April dapat mencapai angka 5,31 juta ton dan bisa dikatakan sebagai panen raya. Selanjutnya estimasi produksi beras setelahnya cenderung mengalami deklinasi. Di Mei 2024, produksi dapat mencapai 3,58 juta ton. Lalu Juni 2024 di 2,01 juta ton dan Juli 2024 di 2,15 juta ton.

"Hari ini kita ajak Ibu Bupati Indramayu ke Subang karena Indramayu merupakan produsen beras nasional terbesar di tahun 2023. Perlu ada transfer knowledge dan kerja sama sinergis antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan BUMN," ucap Kepala NFA Arief Prasetyo Adi.

Menurut BPS, di 2023 Indramayu menorehkan total produksi beras sebesar 819 ribu ton. Angka ini sedikit menurun dibandingkan tahun 2022 yang mencapai 855 ribu ton. Sementara Subang di 2023 tercatat menghasilkan beras sebanyak 586 ribu ton.

Sementara itu, Bupati Indramayu Nina Agustina sepakat bahwa kolaborasi antara pemerintah daerah dan perusahaan pertanian seperti PT Sang Hyang Seri sangat penting dalam memajukan sektor pertanian di daerah sentra produsen beras. Pihaknya siap untuk saling tukar pengetahuan, terutama terkait perbenihan padi varietas unggul.

Dalam kunjungan ini menjadi ajang diskusi antara NFA, Pemerintah Kabupaten Indramayu, dan PT Sang Hyang Seri mengenai strategi dan potensi kerja sama yang dapat dilakukan untuk mengembangkan sektor pertanian, termasuk penyediaan benih unggul, pelatihan bagi petani, dan penerapan teknologi pertanian yang lebih efisien.

PT Sang Hyang Seri Sukamandi dikenal sebagai salah satu perusahaan terkemuka di bidang pertanian yang berfokus pada penelitian dan pengembangan benih unggul serta penerapan teknologi pertanian modern. Lahan percontohan yang dikunjungi meliputi berbagai inovasi terbaru dalam bidang agrikultur yang diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi pertanian di Indonesia.

Turut hadir dalam kegiatan ini antara lain Direktur Ketersediaan Pangan NFA Indra Wijayanto, Dandim 0616 Indramayu Letkol. Inf. Yanuar Setyaga, dan Kapolres Indramayu AKBP Dr. M. Fahri Siregar, S.H., S.I.K., M.H.


#BadanPanganNasional #NationalFoodAgency #Bapanas #NFA #PanganKuatIndonesiaBerdaulat #KetahananPangan

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.