BADAN PANGAN NASIONAL
Visitasi Sentra Penggilingan Padi Modern Bulog Karawang, Kepala NFA Arahkan Perkuat Penyerapan Gabah

Kepala Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi mengawali rangkaian kunjungan kerjanya dengan melakukan visitasi ke Sentra Penggilingan Padi Modern/Modern Rice Milling Plant (MRMP) Perum Bulog di Karawang, pada Minggu (28/4/2024). Arief meninjau langsung progres penyerapan panen petani lokal yang tengah dilaksanakan Bulog.


"Di masa panen raya seperti ini, Bulog agar terus memperkuat perannya sebagai offtaker hasil panen petani. Kita jaga harga di tingkat petani supaya tidak jatuh. Tidak ada alasan Bulog tidak serap karena kita punya dryer, keringkan lalu simpan dalam bentuk GKG (Gabah Kering Giling)," ucap Arief.


"Kita jalankan perintah Bapak Presiden agar stok Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) terus diperkuat, terutama dari hasil produksi dalam negeri. Untuk itu, silo terus dipenuhi dengan stok GKG, baik yang dikeringkan Bulog sendiri maupun yang dikeringkan petani. Tajamkan pula aspek digitalisasi dalam monitoring kondisi stok dalam bentuk control room," titahnya.


Sebagaimana diketahui, MRMP Bulog di Karawang dilengkapi dengan 4 unit dryer atau mesin pengering berkapasitas 120 ton per hari dengan kemampuan operasional 18 jam dan Rice Milling Unit (RMU) berkapasitas 6 ton per jam. Di samping itu, terdapat pula 3 unit silo dengan total kapasitas penyimpanan GKG mencapai 6.000 ton.


Ditargetkan sampai akhir Mei ini, total GKP (Gabah Kering Panen) yang diserap MRMP Karawang 5.000 ton. Adapun total penyerapan GKP sampai 27 April telah mencapai 2.481 ton. Telah dilakukan proses giling sebanyak 274 ton. Sementara total stok GKG yang masih tersimpan ada sebanyak 1.887 ton.


Pada visitasi Kepala NFA hari ini yang turut didampingi Deputi Bidang Keterangan dan Stabilisasi Pangan NFA I Gusti Ketut Astawa, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Jawa Barat Mohamad Arifin Soedjayana, Pimpinan Cabang Perum Bulog Karawang Umar Said, dan Operation Manager MRMP Bulog Karawang Triyadi.



#BadanPanganNasional #NationalFoodAgency #Bapanas #NFA #PanganKuatIndonesiaBerdaulat #KetahananPangan #KunjunganKerja #MRMPBulog

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik Indonesia
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
IDFOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.