Workshop Database Ketahanan Pangan Tahun 2014

Workshop Database Ketahanan Pangan Tahun 2014 dilaksanakan di Jakarta pada tanggal 17 Maret 2014. Peserta terdiri dari para pejabat yang menangani data lingkup Kementan, para pejabat Eselon III dan IV lingkup BKP serta Fungsional statistik. Workshop dibuka oleh Sekretaris Badan Ketahanan Pangan.

Dalam sambutannya Sekretaris Badan Ketahanan Pangan menyatakan bahwa keberhasilan pembangunan ketahanan pangan salah satunya tergantung dari ketersediaan data yang disusun secara komprehensif, terstruktur dan terkompilasi dalam bentuk bank data ketahanan pangan yang bersifat kini (current), tepat waktu (timely), konsisten (consistent), relevan dan juga harus dapat diakses (accessible) bagi pihak yang berkepentingansehingga dapat digunakan sebagai bahan acuan dalam menentukan kebijakan ketahanan pangan.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, perlu didukung dengan serangkaian kegiatan penyusunan, pengumpulan, pengolahan, updating, validasi dan analisis ketahanan pangan secara berkelanjutan.

Dalam upaya penyediaan kebutuhan data dan informasi statistik ketahanan pangan baik untuk pemerintah pusat maupun daerah, serta untuk keperluan masyarakat luas secara cepat, tepat, dan akurat, Badan Ketahanan Pangan mempunyai tanggung jawab dan sekaligus tantangan besar yang harus dihadapi dalam meningkatkan mutu statistik ketahanan pangan. Untuk itu peningkatan mutu sumberdaya manusia (SDM) sangat penting untuk terus dilakukan. 

Ketersediaan database ketahanan pangan juga merupakan tanggung jawab bersama antara Badan Ketahanan Pangan Pusat dan Badan/Dinas/Kantor/Unit kerja yang menangani Ketahanan pangan di daerah. Pada kesempatan ini saya menghimbau agar pengelolaan data statistik ketahanan pangan dapat tertangani dengan baik, perlu difikirkan lebih serius dengan memanfaatkan tenaga fungsional statistik.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik Indonesia
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
IDFOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.