Workshop Monitoring Evaluasi Dan RIMs

Workshop ME dan RIMS diselenggarakan pada tanggal 8 - 11 Oktober 2013 di Soll Marina Hotel Serpong, Tangerang - Banten. Pertemuan dilakukan dalam upaya mendiskusikan dan mengambil langkah-langkah strategis menghadapi berbagai kendala dan hambatan, dalam pelaksanaan kegiatan SOLID. Selain itu dapat didiskusikan semua hal yang terkait dengan sistem monitoring  dan evaluasi serta pelaporan kegiatan, sehingga dapat membantu dalam pencapaian tujuan dan sasaran kegiatan SOLID, terutama dalam rangka pelaksanaan kegiatan tahun 2013 ini.

Tim SOLID pusat, saat ini sudah menyusun sistem monitoring, evaluasi dan pelaporan yang akan digunakan pada kegiatan SOLID. Untuk itu, melalui pertemuan ini diharapkan dapat memberikan masukan guna penyempurnaan instrumen dan metode monitoring dan evaluasi tersebut. Dengan demikian diharapkan sistem monitoring dan evaluasi yang dihasilkan akan menjadi lebih efektif dan efisien. Kegiatan monitoring dan evaluasi merupakan bagian yang penting dan tidak terpisahkan dari pelaksanaan kegiatan SOLID karena perubahan baik positif ataupun negatif dari waktu ke waktu perlu dipantau secara berkelanjutan, guna membantu dalam melaksanakan tindakan perbaikan segera secara cepat dan tepat. Alasan utama yang mendasari pentingnya dilakukan kegiatan monitoring dan evaluasi, adalah para pelaksana kegiatan SOLID dan juga para pemangku kepentingan lainnya (termasuk lembaga pemberi dana) perlu mengetahui tentang perkembangan kegiatan, apakah sudah berjalan sesuai dengan rencana dan tujuan yang telah ditetapkan.

Melalui kegiatan monitoring dan evaluasi, maka data dan informasi yang diperoleh bermanfaat bagi perbaikan perencanaan kegiatan kedepan selain itu juga dapat menjadi bahan pembelajaran bagi kegiatan sejenis di masa yang akan datang. Pemantauan merupakan proses yang berjalan terus menerus selama kegiatan SOLID berlangsung, dari pelatihan dan sosialisasi, hingga perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan. Hasil pemantauan digunakan untuk meningkatkan mutu pelaksanaan dan menyesuaikan perencanaan yang sedang berjalan dan yang akan datang. Secara keseluruhan hasil pemantauan dapat menunjukkan apakah proyek telah dilaksanakan sesuai dengan rencana atau tidak.

Sedangkan Evaluasi adalah proses penilaian secara berkala apa yang telah dihasilkan, untuk mengetahui apakah kegiatan berhasil mencapai tujuan-tujuan utamanya. Evaluasi terhadap pencapaian sasaran akan menjadi masukan penting untuk meningkatkan kinerja kegiatan ke depan, seperti halnya peninjauan kembali penyebab dari ketidaktercapaian sasaran kegiatan yang telah direncanakan.

Dalam desain dan pelaksanaan kegiatan SOLID, sistem monitoring atau pemantauan dilakukan dengan pendekatan partisipatif, yaitu melibatkan sasaran pemanfaat dalam  mengikuti perkembangan aktiftas mereka sendiri, pengumpulan data secara berkala dan tepat waktu untuk menentukan apakah kegiatan telah dilaksanakan sesuai dengan rencana.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.