BADAN PANGAN NASIONAL
Wujud Kolaborasi Pengurangan Food Waste NFA Gandeng ASEAN YOUTH 2023 Melalui Kampanye Media Sosial

Pengurangan Food Loss and Waste (FLW) merupakan isu global yang juga menjadi komitmen para pimpinan negara ASEAN yang tertuang dalam ASEAN Leaders Declaration pada KTT ASEAN 2023, melalui upaya kolaborasi dalam penyelamatan pangan. Badan Pangan Nasional mendukung sinergi dan kolaborasi Stakeholders Pangan ASEAN untuk Penguatan Ketahanan Pangan Nasional dan Regional.


Keseriusan Badan Pangan Nasional dalam pengurangan food loss and waste terus diperkuat dengan menggandeng ASEAN Youth 2023 dalam bentuk dukungan dan kolaborasi kegiatan kampanye melalui sosial media. Hal ini diungkapkan Nita Yulianis, Direktur Kewaspadaan Pangan dan Gizi saat menerima audiensi ASEAN Youth 2023 di Ruang Rapat Nusantara II Badan Pangan Nasional, Selasa (9/1/2024). Audiensi bertujuan untuk meminta dukungan Badan Pangan Nasional dalam kampanye sosial “From Plate to Purpose” sebagai upaya pengurangan food waste.


“Saya mengapresiasi upaya yang telah dilakukan ASEAN Youth 2023 dalam mempromosikan pengurangan food waste melalui kampanye #FromPlatetoPurpose dan menyambut baik tawaran kolaborasi yang dapat disinergikan dengan Gerakan Selamatkan Pangan: Stop Boros Pangan Badan Pangan Nasional”, ujar Nita.


Stephanie Gabrielle selaku ketua ASEAN Youth 2023 menyampaikan inisiasi yang dilakukan ASEAN Youth Indonesia berupa Kampanye #FromPlatetoPurpose, yaitu kampanye mengajak generasi muda untuk komitmen menghabiskan makanan dengan mengupload foto piring kosong di platform BeriTahu. Progress per 5 Januari 2024 total partisipan mencapai 1.304 partisipan. “Kami meminta dukungan Badan Pangan Nasional dan menawarkan kolaborasi kegiatan dalam bentuk konten sosial media, kampanye online dan kolaborasi lainnya ”, ujar Stephanie.


Bentuk kolaborasi Badan Pangan Nasional dengan ASEAN Youth 2023, diantaranya konten sosial media, penyelenggaraan acara online untuk sosialisasi kampanye, dan kolaborasi lainnya guna menggencarkan promosi Stop Boros Pangan disinergikan dengan promosi “From Plate to Purpose”.



ASEAN Youth 2023 merupakan delegasi pemuda perwakilan dari 20 negara (negara anggota ASEAN dan negara mitra) yang dibentuk di bawah koordinasi Indonesian Youth Diplomacy (IYD) yang diamanahkan pemerintah Indonesia untuk melaksanakan agenda kepemudaan di bawah Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023 pada momentum KTT G-20.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik Indonesia
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
IDFOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.