BADAN PANGAN NASIONAL
Wujudkan Generasi Bebas Stunting, Badan Pangan Nasional Lakukan Pengembangan Desa B2SA di Semarang

Deputi Bidang Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan Badan Pangan Nasional, Andriko Noto Susanto, didampingi oleh Direktur Penganekaragaman Konsumsi Pangan Badan Pangan Nasional, Rinna Syawal, melakukan kunjungannya ke Desa B2SA dalam rangka melakukan Peninjauan Pengembangan Desa B2SA sekaligus melakukan Sosialisasi dan Edukasi Konsumsi Pangan B2SA di Desa Bedono, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah pada Jum’at, 08 September 2023.


Dalam Kunjungannya, Andriko meminta agar semua elemen masyarakat Desa Bedono agar dapat saling bersinergi mengatasi masalah stunting, kekurangan gizi, dan ibu-ibu yang yang sedang mengandung yang kekurangan akan energi kronis, serta bagi calon-calon ibu agar bisa memahami  bagaimana anak-anaknya dapat menerima asupan ASI ekslusif pada umurnya untuk mengatasi masalah tersebut. “Kita meminta tolong kepada TP PKK dan Tim Posyandu melalui Program Pengembangan Desa B2SA ini agar bisa menerjemahkan Pola Konsumsi pangan B2SA sesuai dengan pangan lokal daerahnya masing-masing yang sehat dan aman, dengan komposisi gizi yang seimbang untuk mendukung penanganan stunting.” ungkapnya.


Pada kesempatan yang sama, Rinna menjelaskan pihak-pihak yang menjadi sasaran dari Pengembangan Desa B2SA melibatkan beberapa elemen masyarakat, diantaranya anak sekolah tingkat dasar, balita, ibu hamil dan menyusui, calon ibu, kader posyandu dan TP PKK desa. “Mengapa anak sekolah, balita, dan ibu yang sedang mengandung serta calon yang akan menjadi ibu, karena ingin mensosialisasikan Pola Makan B2SA yang harus dimulai dari orang tua hingga anak-anak sejak sedini mungkin. Dengan harapan akhirnya terciptanya generasi yang terbebas dari stunting, gizi buruk, dan ibu hamil yang kekurangan asupan gizi.” ungkapnya.


Dengan adanya program Desa B2SA diharapkan Masyarakat Desa Bedono, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang dapat menerapkan pola konsumsi pangan yang Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA). Pemberian makanan dengan menu B2SA ini akan dilaksanakan secara rutin sebanyak 38 kali melalui Rumah Pangan B2SA. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas konsumsi pangan masyarakat dan mewujudkan sumber daya manusia yang aktif, sehat, dan produktif.


Sementara itu, Kepala Desa Bedono, Slamet Hidayanta, mengucapkan terimakasih telah menjadikan Desa Bedono menjadi tempat Pengembangan Desa B2SA .” Semoga  dengan ditunjuknya Desa Bedono menjadi salah satu desa penerima manfaat bantuan pemerintah untuk mengatasi gizi buruk dan dapat mengantisipasi terjadinya stunting.” ungkapnya.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.