Direktur Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan


Maino Dwi Hartono, S.TP., MP.  

Maino Dwi Hartono, S.TP., MP. Lahir di Kebumen, 2 Mei 1978. Maino Dwi Hartono memulai pengabdiannya sebagai Pegawai Negeri Sipil di tahun 2003. Maino Dwi Hartono mendapatkan gelar Sarjana di Universitas Wangsa Manggala, sedangkan gelar Magister di Universitas Brawijaya. Saat ini beliau menjabat sebagai Direktur Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan Badan Pangan Nasional.

Maino Dwi Hartono memulai pengabdian di Kementerian Pertanian di Badan Bimas Ketahanan Pangan. di tahun 2013, beliau mendapatkan kepercayaan untuk memimpin di sebagai Kepala Sub Bidang Analisis Harga Pangan Produsen, Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan, Badan Ketahanan Pangan hingga tahun 2017. Setelah itu, beliau mulai menjabat sebagai Kepala Bidang Harga Pangan, Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan di instansi yang sama hingga tahun 2020.

Di bulan September hingga bulan Desember tahun 2020, Maino Dwi Hartono dipercaya untuk menjabat sebagai Kepala Bidang Distribusi Pangan di Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan Badan Ketahanan Pangan. Badan ini sendiri merupakan transformasi dari Badan Bimas di kementerian Pertanian. Di tahun 2021, beliau mendapatkan jabatan Koordinator Kelompok Substansi Distribusi Pangan, Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan di Badan Ketahanan Pangan. Di tahun yang sama, Maino Dwi Hartono menjabat sebagai Direktur Stabilisasi dan Cadangan Pangan di Badan Pangan Nasional yang merupakan transformasi menjadi badan mandiri dari Badan Ketahanan Pangan.

Sebagai Pegawai Negeri Sipil, beliau telah mengabdi lebih dari 10 tahun di tahun 2022 sehingga telah mendapatkan gelar Satyalancana Karya Satya di tahun 2014. Selain mendapatkan penghargaan tersebut, beliau juga aktif dalam mengabdikan ilmunya ke masyarakat yang dituangkan ke dalam karya tulis.

Maino Dwi Hartono mulai aktif menulis sejak tahun 2012, karyanya juga telah dipublikasikan baik secara internasional maupun nasional. Salah satu karya yang dipublikasikan secara internasional adalah Impacts of the COVID-19 Pandemic on Food and Nutrition Security in Indonesia bersama dengan rekan lainnya. selain itu, beliau juga menerbitkan banyak karya lain. Karya terbitan nasional yang paling baru adalah “Pentingnya Cadangan Jagung Pemerintah Untuk Stabilisasi Pasokan dan Harga Pakan Ternak Bagi Peternak Mandiri dan Kecil” dan “Kajian Disparitas Harga Serta Margin Perdagangan dan Pengangkutan Pangan Pokok Strategis Nasional” yang diterbitkan pada tahun 2022.

Kembali ke Profil Pejabat

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
08888911888
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik Indonesia
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
IDFOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.